Pentingkah Riset Kata Kunci Untuk SEO?

Pentingkah Riset Kata Kunci Untuk SEO?

Pentingkah riset keyword untuk SEO? Banyak yang menanyakan hal ini ketika melakukan pengoptimasikan kata kunci pada website. Sebagian besar menganggap bahwa riset kata kunci adalah hal yang tidak penting. Padahal, ketika ditelisik lebih dalam, dalam proses SEO riset kata kunci adalah hal yang sangat penting dan tidak boleh untuk dilewatkan. Bahkan ini menjadi hal yang perlu didahulukan sebelum melalui proses optimasi SEO. Karena proses optimasi SEO pastinya akan berjalan sia-sia tanpa adanya riset kata kunci terlebih dahulu.

Mengapa demikian?

Seperti yang kita tahu, seseorang dalam mencari sesuatu di mesin pencari pastinya menggunakan kata kunci tertentu yang terkait dengan produk. Begitu pula untuk jasa maupun layanan yang disediakan oleh Anda. Ketika mengetikkan kata kunci tertentu pada mesin pencari, maka kita akan menemukan 10 website dalam satu halaman. Website yang muncul dalam pencarian tentulah merupakan website yang relevan dan terkait dengan kata kunci yang diketikkan.

Misalnya saja Anda mengetikkan kata kunci “jual baju anak” sudah pasti Anda akan menemui 10 website di halaman pertama yang menjual baju anak. Begitu pula untuk jasa Anda lainnya. Itu artinya, sebuah website akan muncul pada halaman tertentu apabila terkait dengan kata kunci yang diketikkan.

Anda perlu tahu, di dunia khususnya di Indonesia sendiri yang memiliki usaha seperti Anda bukanlah berjumlah puluhan atau ratusan. Tapi mencapai ribuan dengan lokasi di seluruh Indonesia. Juga lebih dari ratusan website yang memiliki usaha sama seperti Anda. Sehingga Anda memiliki lebih banyak pesaing yang harus dikalahkan untuk dapat memunculkan website Anda dalam pencarian.

Dari sinilah maka sebagai pemilik website Anda harus menganalisa pesaing Anda untuk mendapatkan kata kunci apa yang mereka bidik sehingga membuat website mereka naik. Dalam hal ini, kita tak perlu mencari informasi tersebut satu persatu, melainkan kita bisa menggunakan tools untuk membantu kita untuk menemukan keyword yang paling banyak dicari oleh klien.

Pentingnya Riset Kata Kunci Yang Perlu Anda Tahu

blank

Dalam sebuah cerita, pernah ada yang memiliki website dengan ribuan konten yang dimilikinya. Bahkan website tersebut rata-rata dalam posisi yang bagus yaitu di halaman pertama. Konten tersebut ada juga yang berada di peringkat pertama pada pencarian google.

Namun sayangnya, entah mengapa konten yang berada di halaman pertama tersebut justru tidak mendatangkan pengunjung. Kebanyakan dari mereka mengunjungi dalam waktu yang sebentar dan langsung klik tombol kembali. Pada cerita tersebut, apa sih yang sebenarnya terjadi? Padahal sudah di halaman pertama, pengunjung datang namun tidak ada pembelian.

Nah ternyata..

Sebagus apapun konten yang telah dibuat pada website, bahkan mungkin telah menempati posisi yang bagus yaitu di peringkat pertama website jika kata kunci yang muncul bukan keyword tertarget maka tidaklah bagus. Karena pengunjung yang datang bukanlah pengunjung tertarget yang benar-benar membutuhkan produk kita. Bahkan mungkin tak sesuai yang mereka cari.

Inilah pentingnya kita untuk melakukan riset keyword. Melalui proses riset keyword kita bisa tahu keyword apa saja yang sesuai dengan produk kita. Dengan riset, kita bisa menaikkan kata kunci yang tidak hanya berdasarkan yang kita inginkan, melainkan berdasarkan apa yang mereka cari.

Tujuan Dilakukannya Riset Keyword

Melakukan riset kata kunci selain bertujuan untuk mengetahui keyword apa yang paling banyak dicari, tentunya memiliki tujuan lain. Berikut tujuan dari dilakukannya riset kata kunci :

  1. Mengetahui keyword yang benar-benar dapat mendatangkan visitor yang akan membeli produk kita.
  2. Mengetahui seberapa banyak perkiraan visitor yang mencari keyword tertentu.
  3. Melihat jumlah persaingan yang ada dalam mesin pencari atas keyword tersebut.
  4. Menyusun keyword mana yang paling prioritas atau yang diutamakan.

Mengetahui tujuan tersebut, sebagai pelaku SEO tentunya ingin mewujudkannya.

Manfaat Melakukan Riset Keyword

blank

Riset keyword tidak hanya penting untuk mengetahui keyword apa yang menjadi keyword milik pesaing. Lebih dari itu, dari proses riset keyword ini ternyata juga memberikan banyak manfaat. Berikut manfaat yang nantinya bisa Anda rasakan setelah riset keyword :

  1. Dapat memudahkan Anda dalam menemukan ide artikel yang tepat. Terutama bila Anda pemula tentu Anda merasa bingung di tengah jalan apabila sudah tidak ada lagi konten mana yang akan dibuat. Melalui riset ini akan memberikan ide kepada Anda untuk temukan ide pembuatan artikel yang tepat untuk digunakan. Jadi tidak ada istilah bingung lagi untuk menemukan topik yang tepat dalam pembuatan artikel.
  2. Pola kerja Anda juga lebih terstruktur, karena Anda akan memprioritaskan keyword mana yang akan dioptimasi dahulu. Kemudian digabungkan dengan keyword berdasarkan kompetisi. Ini akan memudahkan Anda untuk pembuatan alur kerja yang terstruktur. Untuk manfaat kedua ini bisa Anda lakukan dengan penentuan keyword yang paling mudah diawal, disusul dengan keyword yang berat.
  3. Memudahkan kita untuk menjadikan wesite yang mengulas hal tertentu secara lengkap dan menjadikannya trend setter. Dengan begitu website akan lebih mudah merangking dan mendapatkan visitor.

Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Dalam Memilih Kata Kunci Untuk SEO

Pada saat Anda meriset keyword menggunakan tools tertentu baik google keyword planner, maupun tools lain, biasanya selain kata kunci, akan muncul juga informasi lainnya. Inilah yang akan menjadi patokan Anda dalam memilih keyword yang akan digunakan. Karena akan mustahil kita menemukan keyword tertarget tanpa memperhatikan hal-hal ini.

Dalam riset keyword tersebut, Anda yang harus anda perhatikan meliputi :

a. Jumlah Search Volume (Volume Pencarian)

Jumlah volume pencarian adalah banyaknya kata kunci yang dicari oleh google dalam waktu tertentu. Biasanya tools yang digunakan untuk riset keyword akan memunculkan banyaknya pencarian keyword dalam satu bulan terakhir. Misalnya saja keyword tertentu dengan volume pencarian 100.000, itu artinya keyword tersebut dalam satu bulan terakhir dicari di google sebanyak 100.000.

b. Keyword Difficulty (Tingkat Kesulitan Keyword)

Keyword difficulty atau tingkat kesulitan keyword menunjukkan seberapa sulit keyword tersebut untuk berada di peringkat pertama. Umumnya, pada tools menunjukkan angka 0-100. Semakin besar angka yang tertera maka semakin sulit kata kunci tersebut untuk berada di halaman pertama pada hasil pencarian.

c. Keyword Suggestion (Saran Kata Kunci)

Keyword suggestion merupakan saran keyword yang berkaitan dengan keyword yang Anda cari. Misal Anda melakukan research keyword “jasa seo” maka tools akan merekomendasikan keyword “jasa seo murah, jasa seo terbaik, jasa seo organik” dan lain-lain. Umumnya keyword yang paling disarankan untuk anda pilih adalah keyword long tail. Apa itu keyword long tail? Nanti akan Kami bahas.

Jenis Kata Kunci Atau Keyword Dalam Optimasi SEO

blank

Pada saat proses riset kata kunci, kita mengetahui bahwa tidak hanya keyword saja yang muncul, melainkan ada volume pencarian, tingkat kesulitan kata kunci dan rekomendasi kata kunci. Panjang kata pada keyword menunjukkan jenis kata kunci tersebut.

Apa maksudnya? Ya, jenis kata kunci atau keyword ini terdapat 4 jenis. Lebih jelasnya berikut adalah 3 jenis kata kunci yang berkaitan dengan riset :

a. Short Tail Keyword

Keyword short atau keyword pendek adalah keyword yang hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Misalnya : SEO, jasa SEO, Kursus SEO, Perusahaan SEO.

Jenis keyword ini biasanya memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Sehingga untuk bersaing dengan keyword tersebut, sebaiknya Anda pahami teknik SEOnya dengan baik.

b. Long Tail Keyword

Berbeda dengan short tail, keyword long tail adalah keyword yang terdiri dari minimal 3 kata. Biasanya berkaitan dengan keyword utama yang kita bidik. Misalnya :

  • Penyedia jasa seo termurah
  • Perusahaan jasa seo terbaik
  • Jasa seo di Jakarta
  • Dll

c. Keyword Abadi

Jenis kata kunci yang ketiga adalah kata kunci abadi. Keyword ini selalu digunakan oleh orang untuk mencari informasi tanpa termakan zaman. Artinya kapanpun banyak orang mencari keyword tersebut. Misalnya “

  • Cara memperbaiki website yang error
  • Cara menyembuhkan jerawat

Keyword tersebut termasuk dalam keyword abadi, karena pemilik website seringkali mengalami website error. Juga banyak orang yang memiliki jerawat dan ingin segera menyembuhkannya.

d. Keyword Musiman

Keyword musiman adalah keyword yang hanya dicari pada waktu tertentu saja atau populer sesaat. Misalnya “hasil pertandingan real madrid dan barcelona”

Melihat 4 jenis kata kunci yang disebutkan diatas, maka sebagai pemilik website Anda harus tahu mana yang akan Anda bidik terlebih dahulu. Bagi website yang masih baru dan Anda sebagai pemula, tidak ada salahnya untuk membidik kata kunci long tail. Keyword dengan jumlah kata yang panjang akan membantu memperkenalkan website Anda ke publik.

Perlu diingat, keyword yang nantinya diinginkan masuk di peringkat pertama yang diinginkan bukan hanyalah posisinya. Melainkan apakah keyword tersebut mendatangkan pengunjung atau tidak. Bukan hanya pengunjung yang ramai saja, namun pengunjung yang benar-benar tertarget yang nantinya akan berujung pada pembelian produk.

Tidak ada salahnya juga bagi Anda pemilik website berita untuk mengangkat berita yang sedang tren saat ini. Ini akan membantu bagi orang untuk menemukan yang mereka cari, dan kemudian hari juga akan mengingkat website Anda. Disamping 4 jenis keyword diatas, Anda juga perlu tahu bahwa terdapat “keyword niche” yang harus diperhatikan.

Apa itu keyword niche?

Keyword niche merupakan keyword yang direkomendasikan oleh google yang berkaitan dengan keyword yang Anda cari. Misalnya begini, ketika Anda mengetikkan kata kunci “baju wanita” di google, Anda pasti akan direkomendasikan keyword yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda ketikkan bukan?

Keyword niche yang biasanya muncul untuk keyword “baju wanita” yaitu: Baju wanita lengan panjang, Baju wanita modis, Baju wanita korea, Baju wanita murah, Baju wanita kekinian, Baju wanita model terbaru.

Dari keyword niche ini, Anda bisa gunakan untuk judul konten. Misalnya “baju wanita korea lengan panjang yang murah dan kekinian” atau “baju wanita korea model terbaru yang modis dan murah”. Dengan rangkaian keyword tersebut, tentunya akan memudahkan Anda untuk menemuka ide judul artikel yang digunakan.

Tools Yang Digunakan Untuk Riset Keyword

blank

Untuk melakukan riset keyword sendiri Anda, agar menghasilkan keyword yang paling tepat Anda bisa gunakan beberapa tools yang tersedia. Di internet sendiri terdapat lebih dari puluhan tools yang bisa digunakan untuk membantu Anda dalam riset keyword. Berikut tools yang bisa digunakan untuk riset keyword :

  1. Google keyword planner
  2. Small SEO tools
  3. Google trendz
  4. Moz
  5. Semrush
  6. Keywordtool.io
  7. Dan masih banyak lagi.

Semua akan Kami jelaskan pada artikel Kami berikutnya. Anda bisa gunakan salah satu tools tersebut untuk riset keyword.

Memunculkan Website Di Halaman Satu Pada Mesin Pencarian Sesuai Keyword Yang Ditargetkan

Berkaitan dengan SEO, tujuan SEO adalah untuk menaikkan kata kunci tertarget untuk berada di halaman satu google. Dengan adanya riset keyword yang telah dilakukan di awal sebelum pengoptimasian SEO, maka akan memudahkan kita untuk menemukan keyword yang tepat untuk dioptimasi. Dengan riset tersebut, Anda tak perlu mengoptimasi semua keyword yang terkait dengan produk Anda.

Namun, Anda hanya perlu mengoptimasi website dengan kata kunci tertentu tertarget dengan volume tertinggi saja yang akhirnya akan mengundang banyak pengunjung. Dari jumlah pengunjung pastinya diharapkan dapat berakhir dengan pembelian produk. Begitu pentingnya riset keyword bukan? Apalagi buat Anda pemula, jangan lupa riset keyword sebelum proses optimasi SEO ya !!

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *