Begini Optimasi SEO On Page Untuk Website

Begini Optimasi SEO On Page Untuk Website

Setelah mengetahui tentang SEO pada artikel sebelumnya, selanjutnya kita memahami tentang optimasi SEO Onpage. Optimasi SEO Onpage ini penting untuk Anda pahami, karena Onpage SEO berpengaruh apakah website teroptimasi atau tidak terhadap mesin pencari. Adapun tujuan dari dilakukannya setting SEO Onpage sendiri adalah untuk mengetahui apakah website memang relevan atau tidaknya dengan apa yang dicari oeh pengguna. Juga yang benar-benar memang memiliki kualitas terbaik.

Oleh karena itu, dalam optimasi SEO ONPage ini, kuncinya hanya ada 2 yaitu relevan dan kualitas. Bila sebuah website tidak memenuhi kunci tersebut, maka akan sangat mustahil untuk dapat menempati peringkat pertama pada mesin pencari.

Nah dalam artikel kedua ini, Kami akan membahas bagian mana saja pada website Anda yang harus menerapkan optimasi on-page, serta bagaiana pengoptimasiannya yang benar.

Konsep on-page SEO

blank

Sebelum membahas bagaimana teknik pengoptimasian SEO Onpage yang benar, kita akan memulainya dengan mengetahui konsep SEO Onpage. Ini adalah hal utama yang haarus dipahami oleh Anda. adapun konsep onpage SEO secara sederhana yaitu :

  • Memiliki manfaat bagi pengunjung.
  • Memberi kemudahan kepada pengunjung dalam melakukan eksplorasi.
  • Pengunjung dapat merasa betah berada di dalamnya.
  • Mesin pencari dapat mengerti struktur website Anda.

Melihat dari 4 poin diatas, mungkin Anda bertanya hal ini “Saya ingin website masuk dengan kata kunci, dan optimasi dilakukan untuk mesin pencari, kenapa justru fokus ke pengunjung?”

Bila Anda bertanya hal demikian, berikut jawabannya :

“Sebuah mesin pencari pastinya mengetahui apakah pengunjung puas atau tidak apabila mengunjungi website”

Nah bayangkan saja, bila Anda mengetikkan sesuatu di google, kemudian Anda menemui website yang isinya tidak sesuai dengan kebutuhan Anda. Apa yang Anda lakukan? Kemungkinan besar pastinya Anda akan mengeklik tombol “BACK” kemudian akan mencari website lain bukan?

Hal ini karena google tentunya ingin menampilkan website yang memuaskan pengguna, sehinga website yang Anda miliki seharusnya memuaskan pengunjung.

Bagaimana Caranya?

Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengunjung Website

Untuk dapat memberikan kepuasan kepada pengunjung, kita dapat mengoptimalkan komponen halaman yang ada pada website. Namun perlu diketahui, terdapat banyak faktor yang memepengaruhi kepuasan pengguna website. Faktor-faktor ini penting untuk dipahami, agar Anda bisa mengoptimalkannya dan memaksimalkan website Anda.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung yaitu :

  • Konten
  • Keyword
  • Judul
  • URL
  • Meta description
  • Media gambar
  • Eksternal Link
  • Internal link
  • Social sharing
  • Kecepatan website

Kami akan membahas satu persatu faktor diatas agar Anda lebih memahaminya.

a. Konten Website Dengan Kualitas Terbaik

Kalau diperhatikan, dalam sebuah website konten adalah komponen utama yang harus ada. Keberadaan konten berpengaruh besar terhadap perkembangan website dan memegang peranan penting dalam optimasi Onpage.

Sangat mustahil bagi sebuah website mendapatkan peringat 1 dalam pencarian, tanpa adanya pendukung konten yang berkualitas. Seperti apa konten yang berkualitas? Seperti ini :

  • Memberikan manfaat yang maksimal bagi visitor.
  • Kualitas lebih menonjol dibndingkan dengan konten yang sejenis.
  • Menjawab pertanyaan yang dibutuhkan oleh pengunjung.
  • Disimak dalam waktu yang cukup lama.
  • Menimbulkan perasaan kagum, terhibur, senang, bahagia dan lain-lain.
  • Memberikan solusi dari masalah pengunjung

Itulah 6 ciri-ciri konten yang berkualitas, untuk Anda yang ingin mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari maka sebaiknya Anda memenuhi hal tersebut.

Ingat !!! Tanpa terkecuali !

Juga perlu diingat,  google menentang konten yang :

  • Kurus (thin) atau tidak berbobot.
  • Tidak memberikan nilai bagi pembaca.
  • Tidak original alias copy paste
  • Membuat pembaca frustasi karena kualitasnya yang rendah.

Jika konten yang Anda buat masuk dalam kategori diatas, jangan harap untuk mendapatkan peringat yang tinggi di mesin pencarian. Yang ada justru konten yang Anda posting itu beresiko pinalti.

Anda juga perlu tahu, google dan berbagai mesin pencari lainnya selalu aktif dalam memperbaharui algoritmanya. Semakin kedepan, mereka juga akan memahami bagaimana kualitas dari sebuah konten. Untuk itu, berhati-hatilah dalam menerbitkan konten bagi website Anda.

b. Keyword Populer Yang Dan Tepat Sasaran

blank

Anda perlu ingat saat Anda terakhir menggunakan google, keyword apa yang Anda ketikkan di google? Dari kata yang Anda ketikkan tersebut, nantinya google akan memunculkan hasil yang berkaitan dengan keyword tersebut. Semakin relevan dengan keyword, maka akan semakin tinggi peringkatnya. Jadi, kita dapat ketahui bahwa mengoptimasi halaman berarti mengoptimasi keyword.

Kita bisa menjadikan halaman tersebut paling tidak dioptimasi untuk 1 keyword. Salah satu caranya adalah dengan menyertakan keyword dalam halaman Anda. Tepatnya pada konten, judul maupun URL.

Dengan begitu, mesin pencari dan juga pengunjung akan dengan mudah memahami apa isi dari halaman website Anda.

Misalnya :

Seseorang mengetikkan di google kata kunci “beli baju” . Apa maksud dari kata kunci tersebut? Mungkinkah dia akan membeli baju ataukah ingin membaca artikel mengenai bagaimana proses beli baju online ?

Dilihat dari keywordnya, sepertinya maksud yang pertama akan lebih masuk akal. Maka dari itu, buat Anda yang membuat artikel mengenai proses beli baju online sangat mustahil bisa mendapatkan peringkat tinggi di google. Karena google akan menyajikan artikel atau konten sesuai dengan keyword yang dicari oleh pengunjung.

c. Buat Judul Konten Yang Menarik Visitor

Optimasi on page pada SEO untuk dapat mengoptimasi judul yaitu dengan menyertakan kata kunci utama yang Anda tuju. Misalnya keyword jual baju Anda bisa buat artikel atau konten dengan judul yang mengandung kata kunci tersebut.

Eittt.. Apa ini cukup?

Belum… Anda perlu ingat bahwa optimasi ini tidak hanya untuk menaikkan kata kunci,  tapi bagaimana agar pengunjung dapat tertarik dengan artikel yang Anda miliki. Judul yang dibuat tanpa menarik pengunjung hasilnya tentu akan sia-sia. Sehingga akan lebih baik, buatlah judul yang menarik perhatian manusia. Dengan judul yang menarik, selain mengundang visitor ternyata juga akan dapat menaikkan peringkatnya di google.

Misalnya begini..

Terdapat 2 website bersaing dengan posisi peringkat 1 dan 2. Tetapi, website di peringkat 2 ternyata lebih banyak pengunjung dibandingkan website yang berada di peringkat 1. Karena judul yang dibuat tersebut menarik, menjadikannya banyak klik. Tentu ini membuat google merasa bahwa website peringkat 2 tersebut lebih menarik, sehingga dinaikkan lah ke peringkat pertam.

Apa ini masuk akal?

Tentu, google akan menyajikkan informasi terbaik kepada para pengunjung.

d. URL Singkat Dan Deskriptif

Seringkali orang mengabaikan hal ini setelah membuat judul artikel. Meskipun ini memiliki pengaruh yang tidak besar, ternyata URL yang mengandung kata kunci dapat juga mempengaruhi peringkat website.

Hindari URL konten yang tidak jelas seperti ini :

Perwiraseo.com/?p=96

URL yang bagus tentu menyesuaikan berdasarkan isi dari halaman tersebut. Misalnya :

blank
  1. Konten tentang “Kursus SEO Terbaik” maka URLnya “domain.com/kursus-seo-terbaik”
  2. Konten tentang “Jasa SEO Murah” maka URLnya “domain.com/jasa-seo-murah”

Pastikan buatlah URL yang mencirikkan isi website, dan mengandung keyword yang tengah dibidik.

e. Meta Description Yang Mengundang Klik

Contoh meta description :

blank

Apa itu meta description? Meta description merupakan 1-2 kalimat yang biasanya muncul dalam hasil pencarian. Pada dasarnya meta description ini tidak begitu berpengaruh terhadap halaman ranking Anda, juga tak selalu muncul di hasil pencarian. Karena kini google lebih sering menggunakan kalimat yang terdapat dalam konten sebagai deskripsi halaman.

Meskipun demikian, tidak ada salahnya bagi Anda pemilik website untuk mengoptimasi bagian ini. Prosesnya juga tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Bila meta description tersebut menarik, mengundang banyak pengunjung maka website akan semakin banyak dikunjungi dan meningkat peringkatnya.

Ingat !!! Jumlah klik meningkat = meningkatkan peringkat website

f. Pilih Gambar Berkualitas Terbaik

Jika Anda membaca sebuah website yang isinya adalah 100% teks tanpa adanya gambar, apakah Anda bosan? Tentu hal demikian yang Anda rasakan. Karena gambar dan video adalah nilai tambah bagi website.

Anehnya, banyak sekali yang menganggap kehadiran gambar dapat merugikan untuk pemilik website. Ini dianggap dapat memperlambat loading website.

Jelassss…. Itu tidak benar.

Tidak akan merugikan jika Anda menggunakan media sebagai tambahan dalam teks, kecuali jumlahnya begitu banyak dan ukurannya terlalu besar. Untuk mengatasi hal demikian, perhatikan tips berikut :

  • Pilih gambar yang berhubungan dengan isi konten.
  • Gunakan gambar dengan ukuran yang sesuai, tidak terlalu besar untuk menghindari penggunaan hosting terlalu banyak.
  • Pastikan resolusi gambar sesuai dengan yang ditampilkan.
  • Kompres gambar untuk ukuran yang optimal.
  • Tambahkan atribut ALT pada saat meletakkan gambar.

g. Gunakan Referensi Link Ke Website Lain

blank

Poin ini cukup penting terutama untuk website baru. Google sebagai pusat informasi tentunya mempersiapkan konten terpercaya yang isinya tidak menyesatkan. Inilah mengapa beberapa website besar banyak yang berada pada peringkat pertama karena reputasinya yang sudah bagus dan dibangun dalam waktu yang lama.

Karena website Anda baru, google menganggap isinya belum dapat dipercaya. Karena belum dipercaya, maka untuk mendapatkan peringkat tinggi lebih sulit. Disinilah peran referensi link yang akan membantu Anda.

Link ke website lain yang memiliki reputasi cukup bagus dan relevan untuk membuat reputasinya lebih baik. Analoginya seperti ini :

Didalam sebuah buku, pasti Anda sudah melihat daftar pustaka yang isinya referensi buku. Adanya referensi akan membantu untuk memberikan kepercayaan kepada pembaca.

h. Lakukan Internal Link Untuk Mempermudah Navigasi

Ada banyak kejadian seseorang mengunjungi website kemudian langsung keluar tanpa melakukan apapun atau istilahnya disebut dengan bounce. Kalau sebuah website memiliki bounce rate tinggi bisa jadi karena :

  • Kualitasnya mengecewakan
  • Navigasinya sulit

Ingat lagi, website yang mengecewakan pengunjung dapat menurunkan peringkat website. Sehingga bounce rate ini dapat menjadi faktor yang dapat menunjukkan kepuasan pengunjung.

Upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan bounce rate adalah dengan menggunakan internal link atau link antar halaman. Ini dilakukan supaya pengunjung dapat dengan mudah berkunjung ke halaman lain di website milik Anda.

i. Website Dapat Di Share Ke Sosial Media

blank

Meskipun saat ini google tidak menganggap jumlah share sebagai faktor yang menentukan peringkat di google, namun bukan berarti bahwa share ke sosial media itu tidak penting.

Justru sebaliknya..

Keberadaan social share ini memiliki dampak yang tidak langsung terhadap peringkat website. Manfaat yang dimiliki dari share ke sosial media juga banyak. Berikut manfaatnya :

  • Memberikan tambahan visitor
  • Membuat website semakin dikenal
  • Faktor kepuasan bertambah tinggi.
  • Beberapa pengunjung akan memberikan backlink.

Ya, memang. Bila dibandingkan dengan SEO, sosial media berperan penting dalam membangun brand bahkan lebih cepat. Inilah yang berefek pada SEO.

Bila website milik Anda sudah dikenal oleh masyarakat, maka mereka akan mencarinya melalui google. Dengan banyak yang mencari di google, artinya reputasi website Anda juga akan dianggap lebih bagus.

j. Kecepatan Website Yang Bagus

blank

Sebuah website yang memiliki kecepatan bagus, akan mendapatkan peringkat yang lebih baik di google. Ketika pengunjung mengunjungi website dengan respon yang lambat, tentunya akan membuat pengunjung keluar lagi. Ini tentunya berpengaruh pada kepuasan pengunjung dan kenyamanannya.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan :

  • Kualitas hosting.
  • Jumlah file .js dan .css di <head>
  • Ukuran halaman website

Note : Gambar dan video tidak berpengaruh pada kecepatan website selama jumlah yang dipasang tidak terlalu banyak.

Itulah 10 hal yang berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung.

Disamping 10 hal yang dapat mempengaruhi kepuasan pengunjung, kita juga harus memahami 1 hal lagi yang saat ini banyak diterapkan untuk proses SEO Onpage. Ini adalah mengenai Heading. Heading terdiri dari H1, H2, H3, H4, H5, dan H6. Bagaimana agar prosesnya dilakukan dengan maksimal?

H1 biasa disebut dengan Headline Tag. Penggunaan H1 pada 1 halaman harus 1 buah saja. Pergunakan H1 pada judul artikel dan pastikan dalam judul tersebut terdapat kata kunci yang dibidik.

H2 sampai dengan H6 disebut dengan sub heading atau sub judul. Setiap sub judul biasanya menjelaskan mengenai aspek tertentu. Pergunakan kata-kata yang relevan pada masing-masing judul.

Apa Manfaat Penggunaan Heading?

Manfaat penggunaan heading akan mmbantu membentuk struktur artikel atau halaman. Artikel dengan struktur yang rapi akan memudahkan bagi pembaca untuk mengetahui maksud dari isi website. Dari segi kegunaan ataupun SEO, penggunaan struktur ini juga bermanfaat. Karena mereka lebih mudah menemukan topik yang mereka cari.

Waspadai Algoritma Google Dalam Optimasi SEO On Page

Setiap saat google menggunakan berbagai jenis algoritma terbaru untuk menaikkan peringkat website. Anda yang sedang melakukan optimasi SEO Onpage sudah seharusnya memahami algoritma apa yang sedang dikembangkan oleh google agar hasilnya lebih maksimal. Bila Anda ketinggalan satu algoritma saja pasti akan berpengaruh pada peringkat website, jadi pastikan Anda selalu mengikuti perkembangan tersebut agar website berada di halaman pertama ya!

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *